Home » , » Senam Ketangkasan atau Senam Artistik Menggunakan Alat Palang Sejajar

Senam Ketangkasan atau Senam Artistik Menggunakan Alat Palang Sejajar

Senam Artistik Menggunakan Alat Palang Sejajar
Palang sejajar atau parallel bars adalah suatu alat yang digunakan dalam senam ketangkasan yang menggunakan alat. Senam ini termasuk dalam senam ketangkasan dengan alat. Senam palang sejajar ini hanya dipertandingkan dalam senam artistik putra. Sementara itu, dalam nomor artistik putri senam palang sejajar tidak dipertandingkan.

Gerakan senam ketangkasan dengan menggunakan palang sejajar dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Adapun komponen kebugaran jasmani yang dilatih dalam latihan senam ketangkasan pada palang sejajar, antara lain gerakan keseimbangan (balance), gerakan kelentukan (flexibility), gerakan kelincahan (ability), gerakan keberanian (brave), gerakan keharmonisan (harmonic), dan gerakan keindahan (beauty).

Gerakan senam alat pada palang sejajar merupakan gerakan yang bersifat kemahiran atau akrobat. Gerakan ini merupakan kombinasi gerakan mengayun dan melayang. 

Ketentuan-ketentuan ukuran palang sejajar yaitu:
a.  Tinggi palang: 160-180 cm.
b.  Jarak palang: 40 cm-55 cm.
c.  Panjang palang: 355 cm.
d.  Matras setebal 3 cm, termasuk sisi kiri dan kanannya.

1.  Pegangan dalam Palang Sejajar
Gerakan yang paling utama dalam mempelajari senam palang sejajar adalah teknik pegangan. Pegangan yang benar dan kuat akan menentukan keselamatan pesenam itu sendiri. Berikut beberapa teknik pegangan dalam senam alat palang sejajar.
Gambar: Palang Sejajar

a.  Cara Melakukan Pegangan
Gerak pegangan pada palang sejajar merupakan pengembangan pegangan saat Anda berlatih memanjat pohon. Pernahkah Anda memanjat pohon? Ketika memanjat pohon, Anda akan melakukan pegangan. Pegangan itu tentu akan dilakukan sekuat dan senyaman mungkin, karena bertujuan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan cedera, seperti cedera pada pergelangan tangan atau bahkan patah tulang. Nah, ini hampir sama.

Cara melakukan pegangan pada senam artistik palang sejajar adalah sebagai berikut. 
  • Lakukan gerakan menggantung. Siapkan alat bantu seperti kursi untuk membantumu naik ke atas palang.
  • Peganglah palang pada masing-masing palang dengan kedua telapak tangan menghadap ke dalam.
  • Kemudian, setelah dalam posisi menggantung mintalah bantuan teman untuk memindahkan kursi agak jauh.
  • Tahan gerakan tersebut beberapa saat dan lakukan beberapa kali

Gerakan menggantung pada palang sejaja



b.  Teknik Pegangan
Saat melakukan teknik pegangan pada palang sejajar, kita harus memperhatikan kondisi fisik, seperti kekuatan, keseimbangan, dan kelentukan. Sikap yang harus diperhatikan ialah kepala menghadap ke depan, bahu rileks, sisi siku lengan bagian dalam menghadap ke depan, ujung jari kaki dalam keadaan lurus. Berikut beberapa teknik pegangan pada palang sejajar.

a)  Pegangan Lengan Lurus
Pegangan dengan lengan lurus atau straight arm support dilakukan dengan cara meloncat ke palang dengan lengan menopang di atas palang. Lengan lurus, kepala dan pandangan lurus ke depan, dada dibusungkan ke depan, sikap tubuh lurus dari kepala sampai ke ujung kaki. Pertahankan sikap tersebut beberapa hitungan.
Teknik pegangan lengan lurus


2)  Pegangan Lurus ke Posisi Duduk Kangkang
Pegangan lengan lurus ke posisi duduk kangkang atau straddle seat. Gerakan ini dimulai dari sikap  straight arm support. Kemudian, kedua kaki dalam posisi lurus diayunkan ke depan di antara dua palang. Ketika melewati bagian atas palang kedua kaki dibuka dan mendarat pada posisi kangkang di atas palang. Setelah itu, pindahkan pegangan kedua tangan ke depan. Dengan bertumpu pada kedua lengan, tariklah kedua kaki ke belakang dan luruskan kedua kaki di antara kedua palang, dan kembali pada sikap semula.
Teknik straddle seat


3)  Bertumpu pada Lengan Atas
Disebut juga upper arm support, gerakan ini merupakan pegangan dengan tumpuan pada lengan atas.
Teknik upper arm support


2.  Gerakan Kombinasi Palang Sejajar
Gerakan kombinasi merupakan  rangkaian gerak senam ketangkasan yang terdiri atas dua atau lebih gerakan tunggal. Gerakan kombinasi ini biasanya dilakukan secara harmonis, cepat, dan terpadu. Untuk melakukan gerakan kombinasi khususnya bagi pemula, pesenam harus menguasai tiga macam gerak dasar terlebih dahulu. Gerak dasar tersebut telah dijelaskan sebelumnya,  straight arm support,  straddle seat, dan  upper arm support. Berikut beberapa gerak kombinasi senam ketangkasan palang sejajar.

a.  Gerakan Dipping
Melompatlah ke atas palang sejajar dengan pegangan lengan lurus. Kemudian, turunkan kedua sikut secara perlahan sehingga tubuh ke bawah. Setelah itu, angkatlah tubuh ke posisi awal.
Teknik dipping


b.  Gerakan Swing
Gerakan  swing atau mengayun lengan lurus merupakan gerak yang dilakukan dengan mengayunkan badan ke depan dan ke belakang dengan posisi badan tetap lurus. Sumbu putaran berada pada bahu. Saat melakukan gerakan mengayun ke depan dan ke belakang, posisi badan harus tetap seimbang.
Gerakan mengayunkan badan ke depan dan belakang


c.  Gerakan Arm Walk
Gerakan straight arm walk atau tumpuan dengan lengan lurus merupakan gerakan untuk melatih kekuatan otot-otot bahu dan lengan. Gerakan dilakukan seperti berjalan dengan lengan pada palang sejajar. Saat melakukan gerakan ini otot menahan berat badan sendiri dengan berjalan menggunakan bagian yang lurus dan pandangan tetap ke depan.
Berjalan di antara palang dengan tumpuan badan pada bahu dan lengan


d.  Mendarat
Mendarat merupakan gerakan akhir dari gerakan-gerakan di atas palang sejajar. Cara mendarat dari palang sejajar terdiri atas beberapa jenis, antara lain:
  • Mendarat lewat belakang dari sikap tumpu lengan lurus
  • Mendarat lewat depan dari sikap tumpu lengan lurus
  • Mendarat dengan salto 

Gerak pendaratan dari atas palang sejajar


0 komentar:

Posting Komentar